Program Affiliate Indowebmaker

Senin, 14 Januari 2013

Tips Sukses Bisnis Online

Kunci Dasar Menghindari Kegagalan dalam Memulai Bisnis Online

Author: Sanyichanary Capthanopa





Kunci dasar untuk sukses membuka bisnis online dengan mengetahui bagaimana mengenal dan memulai bisnis online dengan baik. Beberapa langkah awal yang bisa Anda aplikasikan untuk menghindari kegagalan dalam memulai bisnis di internet sekaligus dapat meningkatkan income sesuai dengan hasil yang sudah Anda harapkan diantaranya:


Menentukan Ide

Langkah awal untuk memulai bisnis online dengan menentukan dan merancang sebuah ide yang cocok dengan tujuan bisnis Anda. Ide sangat penting dan mutlak Anda miliki sebelum Anda terjun di dunia bisnis online dengan tujuan untuk menghindari kebimbangan dalam memilih program bisnis yang tepat buat Anda. Ide bisa didapat dari berbagai macam sumber yang bisa membuka wawasan baru buat Anda mulai dari hobby atau kesenagan, kebiasaan Anda, atau bisa dari rekan-rekan Anda, dari media cetak, media iklan, televisi, dari mentor, mengikuti seminar, workshop, dan sebagainya yang penting bisa membuat Anda termotivasi untuk menemukan ide-ide yang menarik dan berkualitas.



Melakukan Riset dan Analisa Ide

Setelah Anda menemukan ide yang tepat buat bisnis Anda, langkah selanjutnya dengan melakukan riset dan analisa. Tujuannya untuk menentukan apakah ide Anda tersebut benar-benar layak dijalankan atau tidak. Hal pertama yang harus Anda analisa yaitu jumlah calon customer untuk menentukan apakah ide Anda tersebut banyak peminatnya atau sedikit. Jika Anda ketahui dari awal bahwa ide Anda peminatnya relatif sedikit, lebih baik untuk tidak merealisasikan ide Anda tersebut. Cari ide yang lain yang lebih banyak diminati oleh orang-orang. Namun jika hasil analisa Anda membuktikan bahwa ternyata ide Anda banyak peminatnya, maka Anda juga harus memperhatikan hal-hal lain seperti jumlah competitor, biaya dan metode iklan yang paling efektif dan sebagainya yang menunjang kemajuan bisnis Anda nantinya. JIka setelah dianalisa ternyata ide Anda layak untuk dijalankan tinggal lakukan langkah selanjutnya untuk membuat website. 


Take Action to Make Website

Website sangat berperan penting dalam bisnis online ibarat toko atau perusahaan yang Anda miliki. Jika Anda sudah memiliki toko atau perusahaan, tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk menjalankan transaksi bisnis. Ada beberapa cara untuk membuat website yang masing-masing mempunyai keelebihan dan kekuragannya.

Cara Membuat Website Menggunakan Blog

Inilah cara membuat website yang paling mudah dan cepat. Anda hanya tinggal melakukan beberapa langkah sederhana yang sudah disiapkan oleh penyedia layanan blog untuk membuat web. Contoh dari penyedia layanan ini adalah wordpress.com dan blogspot.com.

Cara Membuat Website Menggunakan Bahasa Pemograman, HTML, PHP, dan MySQL
Cara membuat website yang paling canggih adalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Cara ini memungkinkan Anda membuat website yang fully customized. Anda membuat website seperti apapun dengan fitur persis sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Tetapi  sayangnya, cara ini memerlukan waktu yang paling lama terutama adalah untuk proses belajar dan pembuatan programnya dibandingkan teknik-teknik pembuatan website yang lain. Langkah yang perlu Anda pelajari  yaitu HTML, PHP dan MySQL untuk bisa membuat website dengan cara ini. Sama dengan CMS,Anda juga perlu menyiapkan domain dan hosting untuk membuat website dengan cara ini.

Cara Membuat website Menggunakan CMS (Content Management System)
CMS adalah sebuah aplikasi berbasis web yang sudah jadi yang merupakan sistem pengelolaan konten/isi. Anda tinggal mengunduh aplikasi CMS sesuai kebutuhan, dan melakukan instalasi. Anda perlu menyewa domain untuk membuat website dengan teknik ini, menyewa hosting dan mengunduh aplikasinya. Proses instalasi biasanya cukup sederhana dan Anda bisa mempelajarinya dengan cepat. Cara membuat website ini memerlukan waktu sekitar 2-3 hari. 




Beriklan

Setelah website Anda jadi langkah berikutnya dengan beriklan supaya website Anda dikenal dan menarik perhatian visitor ataupun calon customer. Anda dapat dengan mudah memanfaatkan halaman situs website atau blog yang telah Anda buat untuk dipergunakan sebagai advertising space bagi pihak-pihak yang tertarik. Mengenai pembayarannya dapat beraneka ragam, mulai dari yang konservatif seperti layaknya sebuah surat kabar atau majalah (berdasarkan frekuensi dan durasi penayangan) sampai dengan yang paling inovatif seperti berdasarkan total unique user clicks. Metode  beriklan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mendatangkan pengunjung ke  website Anda dengan cara menulis artikel, misalnya membuat blog,  beriklan di Google, beriklan di facebook fanspage, dan masih banyak cara beriklan gratis yang bisa anda gunakan untuk  mengiklankan website Anda. Anda harus  pandai – pandai memuaskan customer Anda dengan produk – produk yang  berkualitas dan dengan harga yang masuk akal apalagi jika Anda ingin membangun bisnis jangka panjang, demi mempertahankan bisnis Anda.


Menduplikasi

Setelah Anda menentukan ide, melakukan riset dan analisa  ide, take action to make website, serta beriklan dengan baik, tentunya Anda akan  memiliki sebuah bisnis dengan penghasilan yang cukup menjanjikan dan masa depan yang cemerlang. Langkah terakhir yang harus Anda tempuh untuk menjadikan sumber penghasilan  Anda menjadi lebih dari satu dengan cara menduplikasikannya. Dengan demikian Anda bisa memiliki income lebih dari  satu.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar